Senin, 31 Januari 2011

sistimatika al-quran


Istilah sistimatika, asal'y "system" yg arti'y "The arrangement of the body of the problem", ialah susunan persoalan didlm satu keseluruhan, mjd kita mksd disini ialah susunanpengertian/ keterangan didlm satu keseluruhan yg bulat. Berbeda dgn metode yg sasaran'y adalah "Bentuk berfikir AQ" maka "Sistimatika AQ" sasaran'y adalah kpd "susunan ILMU" atau "susunan AQ seumum'y". Oleh karena dlm bhs indonesia tdk ada istilah'y, maka kita pinjam dari bhs asing yaitu "system". Istilah "ka" adalah singkatan dari "logika", mjd "sistimatika AQ" adalah klassifikasi dan spesialisasi ayat2 AQ yg membicarakan susunan AQ seumum'y didlm satu keseluruhan yg bulat. Persoalan pokok "sisitimatika", didlm kerja ILMI-ah, ialah klassifikasi dan spesialisasi.


Klassifikasi ialah penggolongan bagian2 pengertian/keterangan mjd satu ikatan sejenis, yakni sbg terjemahan dari fashala. Untuk mudah'y kita sket sbb :
Sebalik'y "Spesialisasi" ialah pemecahan sesuatu mjd jurusan atau bagian2 khusus, yakni sbg terjemahan dari sharafa ( lihat sket tanda garis putus2 )
Waspada benar bahwa setiap klassifikasi adalah spesialisasi, tapi spesialisasi bukan klassifikasi.


Istilah klassifikasi dan spesialisasi dijelaskan oleh QS.Al-'araf (07) ayat : 52 dan
QS.Al-kahfi (18) ayat : 54 dmk :
"Dan sungguh sebenar'y KAMI telah datangkan kpd mrk ug hidup dz mssy itu ajaran yg telah dibukukan mjd satu kitab msr ini, yg KAMI klassifikasikan yg dmk atas berbagai cabang ILMU, mjd satu pedoman hidup yakni satu kehidupan saling memastikan kasih sayang bagi golongan yg hidup berpandangan dan bersikap dmk dlm keadaan apapun".

"Dan sungguh sebenar'y KAMI (ALLAH) telah meng-spesialisasikan AQ msr ini mjd dmk menurut berbagai ungkapan guna kehidupan mns, tetapi adalah mns, atas permainan dz mssy, dlm banyak hal tukang celetuk belaka".

Selanjut'y QS.Fushilat (41) ayat : 1-4 menjelaskan klassifikasi dan spesialisasi isi AQ untuk sosial budaya, dmk :
  1. "Ibarat lambang yg mengandung rumusan2 tertentu, begitulah istilah "haa-mim" thd ayat2 selanjut'y".
  2. "Demikianlah turun'y AQ msr ini adalah dari ar rahman, perancang Nur msr dan dz mssy, yg akan memberikan kepastian hidup menurut pilihan masing2"
  3. "Satu kitab yg ayat2'y sebagai pembuktian ILMI-ah msr diklassifikasikan mjd AQ yg berbahasa serumpun dgn bahasa arab, adalah bagi golongan mns yg mau ber-ILMU untuk satu kehidupan agung".
  4. Menjadi AQ msr ini satu penghimbau kehidupan bahagia dan pengancam pilihan dz mssy, maka massal mns akhir'y atas pilihan dz mssy tdk mau menanggapi kapan sajapun".
Akhir'y mengenai masalah klassifikasi dan spesialisasi ini maka QS.AL-furqaan (25) ayat : 1-2 mengistilahkan "furqaan" untuk klassifikasi dan spesialisasi dmk :

"Sehebat-hebat kehidupan adil makmur adalah menurut DIA, ALLAH, yg telah menurunkan AQ msr ini mjd satu spesialisasi ( pembelah ) atas abdi kehidupan menurut-NYA guna mjd satu pengancam bagi semesta kebudayaan/peradaban yg berlaku dz mssy mana saja".

"DIA yg, seperti menurut-NYA semesta kemampuan hidup angkasa dan bumi ini, yaitu DIA untuk yg dmk bukan memperlakukan menurut d'efect dari sunnah syayathin yg bersifat dualisme didlm satu kekuasaan hidup, tetapi sebagaimana DIA, dgn penurunan AQ msr ini, memberikan rancangan budaya tiada tara".

Demikianlah "klassifikasi dan spesialisasi", inti persoalan sistimatik. Seterus'y pokok2 persoalan sistimatik dibagi mjd : sistimatik surat, sistimatik umum, sistimatik iman, dan sistimatik ilmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mohon ma'af sebelumnya kalau ada kekurangan,
silahkan berkomentar,