Sabtu, 22 Januari 2011

istilah siduasatu

Istilah Siduasatu

Secara singkat istilah siduasatu adalah dua persoalan/pengertian yang berbeda didalam satu kesatuan yang utuh pula tidak dapat dipisahkan satu sama lain.

Si = Penegas
Duasatu adalah dua persoalan/pengertian yang berbeda dalam satu kesatuan yang utuh, tidak dapat dipisahkan, bagaikan siang dan malam, terbit dan tenggelam, terang dan gelap, positif dan negatif ...........,
ada batas diantara keduanya yang sangat tipis sekali tetapi sangat jelas sekali.

Lebih jauh lagi siduasatu adalah satu teori yang memperkenalkan nilai-nilai hidup yaitu satu kehidupan positif yakni satu kehidupan yang indah dan satu kehidupan negatif yakni satu kehidupan pecah belah.

Didalam al-quran digambarkan satu kehidupan positif dengan istilah JANNAH ialah pasangan kehidupan seperti dua kebun didalam satu taman merindang, keduanya saling hidup menghidupkan.
Gerak kehidupan didalam kebunnya itu ialah seperti dua mata air yang tidak pernah kering airnya saling terus mengalirkan merimbunkan keduanya. Ujud kehidupan jannah didalam pasangannya itu ialah penaka pasangan dua kebun yang merindang aneka pasangan buah-buahan didalam satu taman.
Satu kehidupan yang saling memberi dengan dada yang lapang ( dengan sikap bismillahirrahmanirrahim ) ialah saling menerima menurut kebutuhan ( atas sikap alhamdulillahirabbil'alamin ) yakni penaka dua kebun yang pohon-pohonnya saling mendahan dan merantingkan buahnya menjadikan satu taman. Ujud kehidupan penaka susunan mahligai yang saling mencakup yang tidak pernah dikenal sebelumnya baik oleh manusia maupun jin. Karena itu seolah-olah seperti satu tumpukan permata dan mutiara yang saling menyinari menghiasi antara sesamanya.

Didalam al-quran pula digambarkan satu kehidupan negatif dengan istilah NAR ialah satu kehidupan yang bagaikan sijago merah habis membakar segala yakni satu kehidupan saling baku hantam, saling bunuh, saling tipu, saling hina dan saling memiskinkan.

Itulah sekelumit kandungan didalam istilah siduasatu, yakni dua kehidupan yang sangat berbeda tajam, yang merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Dua kehidupan yang tangguh tiada tanding dimana satu sama lain tidak bisa saling mengalahkan, bagaikan siang dan malam.
Itulah dua nilai kehidupan yang di tawarkan oleh SANG PENCIPTA.
Pilih satu korbankan yang lain, pilih kehidupan positif dan atau pilih kehidupan negatif, jangan pilih model yang ketiga yakni positifnegatif / aduk-adukan / kelabu.

sekian dulu rangkain kata dari sang pengantar, semoga rangkaian kata ini dapat bermanfaat bagi generasi Bangsa INDONESIA KU TERCINTA

Salam Sejahtera Selalu dari sang pengantar,

7 komentar:

  1. alhamdulilah... semoga smakin berjalan..

    BalasHapus
  2. saya mohon menampilkan tulisan/catatan materi shalat...terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. @silva Insa Allah akan di tuah kan dalam blog ini.
      karena keterbatasan waktu. kelak pasti ada.
      sambil menyusun terlebih dahulu.

      Hapus
  3. maaf, bisa dijelaskan mengapa siduasatu dikatakan merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan? Dan mengapa dikatakan Dua kehidupan yang tangguh tiada tanding dimana satu sama lain tidak bisa saling mengalahkan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  4. salam, saya tunggu postingan selanjutnya, trims

    BalasHapus
  5. NGAWUR... NGARANG.... INI BUAH TANGAN ENTE..? ISTILAH SAJA NGGAK NGERTI... HARUSNYA SEBELUM PISU.. BELAJAR POKOK2 2000 TAHUN PENJAJAHAN DULU... BIAR TAU DIRI... TAPI.. JANGAN KHAWATIR.. AKU JUGA PERNAH JADI ORANG GAK TAU DIRI.. YAAAA.. SEPERTI ORANG YANG TERBANGUN DALAM TIDURNYA... PADAHAL MASIH TIDUR.. HA..HA..

    BalasHapus

mohon ma'af sebelumnya kalau ada kekurangan,
silahkan berkomentar,